Rabu, 16 November 2011

cara balap yang baik

Cara berkendara yg bagus buat balapan gimana sih???BINTANG 5 loh?

misalkan:
1.cara mengoper gigi.
2.timing mengoper gigi.
3.cara memainkan gas.
4.posisi badan seperti apa
5.dan yg terakhir cara Start yg dapat bisa langsung melesat dengan mantab gimana???
  • 2 tahun lalu

Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak

Ni tips aja buat kebut2an. Bukan buat harian. Bisa bikin motor cepet slek kalo buat harian.

saran saya, pakai footstep underbone biar gampang buat ngerebah.

1. Cara oper gigi:
-naikin gigi bebek: tutup gas+injak persneling>lepas persneling+buka gas.
- nurunin gigi bebek: saat motor direm, RPM akan turun, injak persneling kebelakang+angkat RPM sedikit(buka gas sebentar/bleyer) > tutup gas sambil melepas injakan persneling(mestinya RPM akan ngegantung diatas karena rasio transmisi turun) jangan menginjak terlalu lama, kurangi gliding(meluncur dalam kondisi kopling penuh) saat balapan.

- nambah gigi ayam(kopling manual): tutup setengah grip gas+tekan kopling + injak persneling>buka gas penuh+lepas kopling. jangan lakukan slip(pindah gigi tanpa lepas gas) terlalu banyak, bikin kopling gosong dan hilang traksi meskipun hasilnya akan lebih cepat. Lakukan penekanan kopling seperlunya, tidak perlu tekan kopling bila tidak akan mengganti gigi.

-nurunin gigi ayam: sambil mengurangi kecepatan tekan kopling+injak persneling- naikin RPM mesin(bleyer dikit)+lepas kopling. Sekali lagi, jangan biasakan meluncur dengan kopling penuh.

2 timing pindah gigi
- speed trap: lakukan perpindahan tepat di redLine jangan dilebih2, soalnya selewat redline tarikan sudah pasti turun dan bisa bikin mesin over stress.

- tikungan intermediate (sedang): lakukan deselerasi sebelum masuk tikungan hingga kecepatan tertentu dan sesuaikan gigi, lalu langsung tarik gas di awal tikungan. Untuk mengurangi kecepatan(menyesuaikan dengan tikungan),injak rem belakang tipis sambil pantengin gas. Kalo mainin gas waktu tikungan bisa bikin lag.

-Tikungan tajam: rem keras sebelum masuk tikungan, sisakan sedikit glide(meluncur) untuk melakukan manuver yang sangat tajam dan diikuti akselerasi keras pada posisi yang cukup aman.

3 Cara memainkan gas
- menempel pada lawan didepan:
saat jarak dengan motor didepan sudah cukup dekat, tutup gas sebentar lalu buka seperlunya hingga kecepatan sesuai dengan motor depan.

- mengurangi persneling: selalu naikkan(bleyer/blipping) RPM setiap kali mengurangi gigi.

- speed trap: gas poll

- menikung: mainin gas buka 'n tutup kalo belum hapal laju motor dengan variasi bukaan setengah gas.

4 riding posture
- Untuk bermanuver dengan kecepatan rendah, posisikan tubuh anda semantap mungkin, tidak perlu mengkhawatirkan hambatan angin.
- dalam kecepatan tinggi bungkukkan badan anda serendah mungkin tanpa mengurangi pandangan ke depan.
- tikungan kecepatan tinggi, kalo harus ngerebah, dekatkan badan ke jalan untuk menurunkan center of gravity dan menjaga motor anda tidak selip saat ngerebah. Catatan: jangan melakukan akselerasi yang tiba2

5 start:
Lakukan start dengan mengocok gas.
jangan dipantengin terlalu tinggi, kalo ngangkat susah bawanya. Saat lepas kopling, pindah berat tubuh kedepan(tekan stir ke tanah) Tapi jangan terlalu berlebihan, bisa2 ban belakang yang g dapet grip.

6. Lakukan hanya di sirkuit dengan perlengkapan keamanan yang memadai

hati2 dijalan, selamat mencoba.

materi referensi:

Smash 110 2004 orange road race tuned.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar